Tujuh Mitos Salah Kaprah Seputar Diet

tujuh mitos salah kaprah seputar diet

Bantu Sebarkan Ke Teman-Teman Anda!

Tujuh Mitos Salah Kaprah Seputar Diet Memiliki tubuh yang langsing ideal adalah mimpi sebagian besar orang. Bagaimanapun, konstruksi cantik yang sudah terlanjur ada di Indonesia adalah mereka yang bertubuh langsing. Hasilnya, orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan pun berlomba-lomba untuk menurunkan berat badan mereka. Usaha menurunkan berat badan pun dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menjalankan diet, berolahraga, hingga menggunakan ramuan herbal. Untuk Anda yang menjalankan program diem, ada beberapa mitos salah kaprah yang mungkin menyesatkan Anda. Inilah 7 mitos salah kaprah sepitar diet yang harus benar-benar Anda pahami.

  1. Karbo Bikin Badan Makin Gemuk

Ini tidak sepenuhnya benar. Yang perlu Anda tahu adalah karbohidrat terdisi dari dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana cenderung mengandung banyak gula dan lemak jenus. Sementara karbohidrat komplek justru sebaliknya. Buah dan sayur yang mempunyai kandungan karbohidrat justru bisa membantu proses penurunan berat badan dan menjaga berat badan tetap stabil.

  1. Menjaga Pola Makan Ektra Ketat

Diet bukan berarti tidak makan atau hanya makan satu kali dalam sehari. Diet adalah menjaga keseimbangan semua nutrisi agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Anda tidak harus menjaga pola makan dengan hanya satu kali makan per hari. Diet yang lebih tepat adalah mengonsumsi makanan dengan menu seimbang dalam porsi yang lebih kecil.

  1. Olahraga lama bisa menurunkan berat badan lebih cepat

Olahraga memang bisa membantu Anda menurunkan berat badan secara cepat. Akan tetapi, bukan berarti semakin lama Anda berolahraga, maka semakin banyak lemak yang dibuat. Dalam hal ini, waktu bukanlah indikator utama. Yang menjadi penentu di sini adalah bobot latihannya.

  1. Daging dapat membuat gemuk

Daging merupakan sumber protein yang baik. Apabila dikonsumsi dengan jumlah yang tidak banyak, daging justru bisa membantu menurunkan berat badan. Daging juga bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Yang dapat membuat gemuk adalah apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

  1. Angkat Besi Hanya Disarankan untuk Binaragawan

Jika Anda masih percaya bahwa mengangkat beban hanya dikhususnya untuk binaragawan, hal tersebut jelas salah. Olahraga angkat besi justru sangat efektif untuk memperkuat otot. Olahraga ini juga bisa membakar lemak serta kalori di beberapa bagian tubuh, seperti lengan dan betis. Sesekali, Anda juga boleh melakukan olahraga ini.

  1. Minum air bisa menurunkan berat badan

Ungkapan tersebut jelas salah. Mengonsumsi air tidak bisa membuat berat badan begitu saja. Tetap harus disertai dengan latihan dan menjalankan pola hidup yang sehat. Banyak mengonsumsi air putih akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini baik untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

  1. Makan Larut Malam bisa Bikin Gemuk

Kalau Anda terbangun pada malam hari, kemudian mengonsumsi camilan dalam jumlah banyak, tentu saja berat badan Anda akan naik. Akan tetapi, apabila Anda mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran, hal tersebut tidak akan membuat Anda gemuk. Dengan mengonsumsi makanan sehat, justru akan sangat bermanfaat. Manfaat yang pertama adalah memuaskan rasa lapar dan yang kedua adalah mencegah risiko penambahan berat badan.

Demikian adalah 7 mitos yang rentan salah kaprah. Supaya diet Anda bisa berhasil, sebaiknya per banyak informasi mengenai cara diet yang benar. Jangan terburu-buru percaya dengan satu sumber saja. Anda harus memperluas informasi agar pengetahuan seputar diet pun makin bertambah.

Bantu Sebarkan Ke Teman-Teman Anda!