Diet Selalu Gagal? Mungkin 4 Bahan Makanan Ini Penyebabnya

diet selalu gagal mungkin 4 bahan makanan ini penyebabnya

Bantu Sebarkan Ke Teman-Teman Anda!

Diet Selalu Gagal Mungkin 4 Bahan Makanan Ini Penyebabnya Baik pria maupun wanita pasti ingin memiliki tubuh yang langsing ideal. Kelebihan berat badan jelas dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Mereka yang ingin memiliki tubuh ideal pun melakukan berbagai cara demi mendapatkan tubuh yang sempurna. Banyak dari mereka melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, diet tak selalu membuahkan hasil yang manis. Ada juga yang sudah mati-matian diet, tetapi tetap tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan, bisa dibilang dietnya gagal. Apa kira-kira yang menyebabkan diet seseorang gagal? Padahal, orang tersebut telah mencoba untuk menjaga makan dan mengikuti aturan diet. Setelah ditelisik, ternyata 4 bahan makanan ini bisa menggagalkan diet, loh. Apa saja 4 bahan makanan tersebut? Simak informasinya pada poin-poin berikut ini.

  1. Makanan yang Mengandung Emulsifier

Bahan makanan ini banyak dipakai untuk olahan es krim, roti atau kue, margarin, mayones, cokelat, dam sosis. Emulsifer merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk menyatukan bahan yang tidak bisa tercampur dengan baik, misalnya minyak dengan air. Tak hanya itu, bahan makanan ini juga bisa membuat makanan bisa tahan lebih lama. Untuk makanan, bahan ini memang cukup bermanfaat, terutama menambah kelezatan makanan. Akan tetapi, untuk tubuh kita, bahan makanan ini justru memicu munculnya berbagai penyakit, misalnya serangan jantung, obesitas, dan lain sebagainya. Khusus pelaku diet, emulsifier akan memperlambat proses penurunan berat badan.

  1. Makanan yang Mengandung MSG

MSG atau Monosodium glutamat merupakan bahan makanan penambah rasa gurih yang biasa dimasukkan dalam masakan. Makanan ini mengandung zat adiktif yang tidak begitu bagus untuk kesehatan. Sebuah studi di China menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung MSG dapat meningkatkan berat badan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya. Apalagi jika zat ini dikonsumsi secara rutin, risikonya bisa naik hingga tiga kali lipat. Bahan makanan ini juga menjadi penghambat program diet Anda.

  1. Produk Rendah Lemak

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa produk rendah lemak ini aman dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Akan tetapi, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite menyatakan sebaliknya. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis informasi nutrisi pada hampir 6000 makanan di Kanada yang berlabel ‘rendah lemak’. Hasilnya, produk dengan label ‘rendah lemak’ tidak sepenuhnya bisa menurunkan kaori. Bahkan, makanan dengan label tersebut dapat memicu seseorang mengonsumsi kalori lebih banyak. Alih-alih menghindari lemak, mereka malah menambah jumlah lemak dalam tubuh. Ini sangat tidak baik.

  1. Pemanis Buatan

Segala macam pemanis buatan tetap tidak baik untuk kesehatan, khususnya Anda yang sedang diet. Banyak orang berpikir bahwa pemanis buatan yang memiliki label nol kalori baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet. Akan tetapi, pemanis buatan tersebut tetap mengandung gula buatan yang bisa menjadi lemak dalam tubuh. Apalagi jika Anda menggunakan pemanis buatan seperti Sakarin, risiko tubuh menjadi gemuk tetap tidak bisa dihindari. Hal ini telah dibenarkan oleh banyak pihak.

BACA JUGA : 5 Rahasia Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

Supaya usaha diet Anda tidak gagal, hindari beberapa bahan makanan yang sudah dijelaskan di atas. Makanan terbaik yang bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang diet adalah makanan yang dimasak sendiri. Ketika memasak makanan, kita tahu bahan apa saja yang ada di dalamnya. Jadi, apa yang kita konsumsi menjadi lebih sehat. Usaha diet yang sudah susah payah kita lakukan pun bisa berhasil dengan baik.

 

Bantu Sebarkan Ke Teman-Teman Anda!